KENAPA HARUS JADI ARTIS?

KENAPA JADI ARTIS?

Industri Musik saat ini mengalami perkembangan dan perubahan yang tentunya terbentuk karena berbagai faktor. Dari perubahan perilaku pasar, industri nya, trend lagu, bahkan perkembangan internet, terutama medsos memberikan pengaruh sangat besar.

Berkaitan dengan judul tulisan saya, saya akan bercerita sedikit, dalam sebuah obrolan, dengan sahabat saya di salah satu komunitas musik, saya pernah mendapat pertanyaan;

"Gimana nih kang, caranya seperti akang, kok bisa sukses and terkenal, bagi-bagi tips nya dong kang, saya pengen banget sukses di musik, pengen jadi artis terkenal kayak akang, gimana tuh kang...."

Awalnya saya bingung menjawab nya, karena saya tidak mau sahabat saya ini tersinggung, atau malah menurunkan semangat dia yang begitu semangat 45! 

Di sisi lain, jawaban nya mudah.

Kira-kira begini jawaban saya.

Mari kita berfikir secara logis dulu. Bahwa industri musik itu sangat luas. Ada berbagai macam peluang di sana yang bisa kita gali dan manfaatkan dengan baik. 

Lalu kenapa 'kesuksesan' di industri musik selalu di ukurkan dengan parameter jadi artis atau ga jadi artis? Padahal untuk sukses di dunia musik, menurut saya ga harus jadi artis melulu. Padahal ada profesi segudang yang bisa di geluti, dengan tanpa meninggalkan jiwa seni kita, tanpa meninggalkan hobi kita di dunia musik, bahkan tanpa meninggalkan hobi kita memainkan alat musik. 

Menurut saya ada banya profesi yang bisa di jalani di dunia musik. Kita bisa jadi sound enginer, bisa jadi penulis lagu, arranger, yang hobi bikin event bisa jadi EO, yang hobi jualan bisa jadi sales alat musik, yg hobi ngajar, bisa jadi guru atau instruktur sekolah musik, bisa jadi manajer artis, malah yang hobi nya musik dan menulis artikel, bisa jadi wartawan musik, dan masih banyak lagi. 

Jadi, banyak sekali profesi yang bisa di kerjakan di dunia musik, yang bisa membuat kita sukses di dalam nya. Dan 'sukses' di dunia musik menurut saya, ga harus jadi artis terkenal. Ingat, artis itu sendiri butuh semua profesi yang saya sebutkan, dari sound enginer, artis manajemen, EO, dan lain-lain.

Jadi artis atau pekerja seni sendiri bukanlah hal yang mudah,  Butuh semangat berkarya, menjaga konsistensi dan eksistensi nya sebagai pekerja seni. Butuh pengelolaan dan maintenance yang baik, Yang lebih penting lagi, membuat karya yang jelas. Dan di tunjang kemampun untuk jadi pribadi yang asik, dan mampu bekerja sama secara profesional.      

Lalu, kenapa harus jadi artis? Kalau peluang sukses di dunia musik sebetulnya lebih luas?

Bahkan beberapa sahabat saya sukses di dunia musik dengan membuka studio rental latihan sampe studio rekaman. Sahabat saya yang lain malah punya radio internet yang keren. Sodara saya malah sekarang jadi supervisor promo relationship di sebuah distributor gitar terkenal di indonesia, padahal waktu mau lulus jadi sarjana musik, dia bingung harus kerja apa. Jadi, banyak hal yg bisa kita kembangkan di dunia musik, sesuai dengan minat bakat kita. 

Kesimpulan nya, "Jadi artis bukan satu-satu nya profesi pilihan untuk sukses di dunia musik"

Oke sahabat, itu saja tulisan saya kali ini, semoga menambah wawasan dan menambah motivasi baru, untuk bisa tetap berkarya di dunia musik, walau kita di dimensi berbeda. 

Sukses! 

Saya Pupun Dudiyawan

No comments: