JADI BAND FESTIVAL, APA YANG HARUS DI SIAPKAN??

Parade band, festival dan kontes band adalah bentuk kegiatan dunia musik yang tak terlepas kan dari keseluruhan kegiatan dunia musik yang saya kenal. Namun masih ada saja band yang kurang maksimal tampil karena kurang berlatih atau kurang prepare dalam hal pemilihan lagu, aransemen, equipment dan instrument. 

Berawal dari pertanyaan yang pernah saya terima, sebelum festival atau kontes band,hal-hal apa saja yang harus disiapkan, saya coba manjawab dari sudut pandang saya berdasar pengalaman saya sendiri selama mengikuti ajang festival dari tahun 1995-2004, sampe akhirnya sekarang langganan jadi juri di ajang-ajang festival di tanah air.

Oke,, kita mulai, berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengikuti festival:

1.Lagu
Pemilihan lagu yang tepat adalah kunci awal. Sehebat apapun penampilan kita kalo lagu yang kita pilih tidak sesuai dengan karakter band, maka biasa nya kurang maksimal. Jadi carilah lagu yang sesuai, yang mampu membangkitkan rasa percaya diri dalam membawakan nya. Kalo sudah percaya diri biasanya 'enerji' si band nya akan lebih kuat terasa dan mencuri perhatian.

2.Aransemen
Waktu kita mengikuti festival, sering sekali kita di wajibkan membawa kan lagu wajib. Betuuuulllll?? Terus gimana kalo lagu wajib nya sebenernya gak cocok dengan karakter band kita? Misal lagu wajib nya pop, padahal band kita band rock? Hahaha... Solusi nya adalah di aransemen. Kamu harus meng aransemen ulang lagu tersebut di sesuaikan dengan karakter band kamu. Dengan tanpa melupakan karakter asli, dan tetap memperhatikan unsur keindahan nya. Butuh kejelian dan kerjasama yang solid dalam proses ini. Sampe nanti nya di harapkan akan muncul sesuatu yang 'baru' dari aransemen kita. Saat kita tampil dengan aransemen baru biasanya juri akan tercuri perhatian nya, ini awal bagus! Kalo band sudah mampu mencuri perhatian tanda nya 'enerji' band nya sampe ke audience. Ini memotivasi dewan juri untuk konsentrasi dan mudah mengingat band kalian.

3.Skenario panggung
Skenario panggung jadi hal yang harus di perhatikan. Dari atur posisi bloking personel band sampe pergerakan personel di atas stage. Vokalis sebagai frontman di panggung jadi connector antar personel. Misal ada player yang bermain solo, si vokalis harus nyamper, atau kalo perlu menyebut nama si personel sambil tetap bergerak sesuai irama musik. Di ajang kontes band biasanya permainan solo dari semua personel jadi pemandangan yang lumrah. Kemudian vokalis juga jangan terlalu sering membelakangi penonton, ini penting. Kemudian bisa di buat skenario, pada part tertentu ada gerakan serempak, dan lain-lain. Buanyak hal yg bisa di susun di skenario panggung ini, di sesuaikan dengan lagu dan karakter band nya. Namun ingat, vokalis harus tetap jadi frontman. Para personel harus tahu kapan and di part mana dia harus di depan atau belakang sang frontman. Paling akhir dari skenario panggung adalah skenario cadangan apabila sesuatu yang tidak di harapkan terjadi, dan mengganggu jalan nya penampilan, rundingkan, mau stop lalu mengulang dari awal, atau penampilan jalan terus.

4.Kostum
Kostum jadi bagian yang gak boleh di lupakan, di mana kostum jadi bagian yang memperkuat karakter band. Kostum mampu memperkuat identitas band. Kita bisa tahu orang itu polisi, satpam atau dokter dari kostum nya. Band yang mengkolaborasikan musik nya dengan unsur tradisional misalnya, akan terlihat lebih bagus kalau personel atau sang vokalis menggunakan pakaian unsur tradisional. Ini akan memperkuat karakter band nya. Apa jadi nya kalo band metal tampil pake baju pink bergambar Hello Kity? Tentunya ini tidak memperkuat karakter band nya, kecuali dengan alasan mencari sensasi, silahkan saja. Asal 'kuat iman' hahahaha...  Tapi penggunaan kostum yang tepat di ajang festival atau kontes band, adalah bukti bahwa band kalian memang menghargai diri sendiri dan event yang sedang di laksanakan. Jadi tolong di perhatikan. Kostum sebagai alat memperkuat identitas band, harus di perhatikan.

5.Alat musik
Band tanpa alat musik, bukan band namanya, hahaha... Alat musik harus di siapkan secara optimal, dari kwalitas sparepart nya sampe kwalitas sound yang di hasilkan. Bawalah dan pakailah alat-alat se efektif dan efisien mungkin. Karena faktanya kita akan main di satu panggung dengan banyak band dengan alat yang sama yang kita pake secara keroyokan. Jadi jangan bayangkan kita akan tampil se leluasa seperti sang bintang tamu yang di beri waktu panjang untuk cek sound, pake crew and sound enginer handal yang di bayar mahal. 

Bahkan kadang waktu setting di panggung pun sudah di batasi dan sudah di info kan pas acara teknikal meeting. iya khan??? Jadi siapkan settingan se simpel mungkin. Bahkan saat kita harus nge sett sendiri pun, bisa kita lakukan secara efektif. 

Kalo berdasar pengalaman saya, saya selalu siapkan alternatif untuk sistem direct. Jadi sound gitar untuk ke FOH depan cukup satu kabel aja. Jadi saat terburuk di mana ampli mati pun saya masih bisa mengandalkan monitor, tanpa harus was-was sound ke depan panggung akan turun kwalitas nya, karena saya sudah siapkan sound 'jadi' di efektor saya. Sound 'jadi' yang saya maksud adalah mixingan sound gitar yang saya inginkan sudah saya save di efektor saya. Untuk gitaris yang mau direct jangan lupa pake ampli simulator tinggal colok, josssss... Langsung ready....

Untuk alat musik, selain setting, yang sangat penting lagi yaitu tuning. Sekeren dan sehebat apapun aransemen dan lagu kalian, kalo gitar atau bass fales, saya pastikan juri akan duduk santai, karena panampilan kamu sudah ga di nilai lagi. Ingat, tuning dan keharmonisan nada adalah bagian penting dari musik. Jadi jangan luput dari perhatian. Tuning dengan baik alat musik kalian sebelum tampil.

6.Doa
Do'a itu penting dan harus. Karena saya meyakini, selalu ada faktor X yang kadang menentukan mulus atau tidak penampilan kita di panggung. Berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, sangat saya sarankan. Sesuai dengan pengalaman saya, berdoa memberi efek bagus untuk mengurangi kegugupan sebelum tampil, menenangkan hati, sekaligus membangkitkan kepercayaan diri. Sehingga kita punya mental juara.

7.Mental and mind sett.
Bersikap mental positif itu penting. Di mana sikap mental siap menerima kekalahan jauh lebih penting. Saya yakin setiap orang selalu siap menerima kemenangan, tapi tidak semua personel siap menerima kekalahan. Jadi kalo mau juara, ya harus siap kalah. Tanam sikap itu dalam-dalam di hati dan otak kita. Apapun kekurangan yang ada akan jadi bahan evaluasi dan pelajaran untuk di perbaiki di masa datang. yang penting, pastikan kita selalu tampil maksimal dan berusaha sebaik mungkin dalam setiap penampilan. Ini moto saya : "kalo mau berhasil, harus siap gagal, kalo ga mau gagal ya jangan coba-coba, kalo ga mencoba, berarti ga belajar, kalo ga belajar berarti selamanya jadi orang gagal"

8.Next plan
Apapun hasilnya dari festival atau kontes band yang kita ikuti, harus ada next plan. Kalo kita kalah, next plan nya adalah memperbaiki kekurangan, dengan evaluasi, belajar, berlatih dan mencoba terus menerus. Sekalian merapatkan barisan, supaya band semakin solid. Kalo menang, next plan nya yaitu berlatih lagi untuk next festival. ✌

Oke sahabat, hanya itu yang bisa saya sampaikan, maaf kalau ada kekurangan.

Semoga bermanfaat buat kita semua. Semoga tulisan saya ini menambah wawasan dan membuat band kalian jadi lebih siap 'tempur'. Tetap berlatih dan selamat berkarya!! Semangattttt! 

Saya Pupun Dudiyawan

No comments: